1. Latar Belakang
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan PKL/Prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.
Beberapa siswa peserta Prakerin ada yang memilih tempat Prakerin yang dipilihkan pihak Sekolah, ada yang mencari sendiri, dicarikan saudara, teman, dan sebagainya. Banyak siswa peserta Prakerin yang mengalami permasalahan seperti dibawah ini :
  a. Kesusahan dan bingung untuk mencari tempat Prakerin sendiri
v  (misal sdh mencari kemana-mana tapi belum dapat juga/sudah penuh diisi dari sekolah lain/belum punya gambaran tempat seperti apa yg tepat utk dicari,ada yang sudah mencari berhari-hari dan berkali-kali belum menemukan juga, sehingga terkadang  jadi keluar biaya yang lumayan hanya untuk di perjalanan saja, dll)
  b.Tempat Prakerin/Pekerjaan yang kurang cocok dengan jurusannnya
v  (misal jurusan multimedia/animasi/RPL/TKJ tetapi disuruh entri data saja, mengetik saja, jaga tamu saja, nunggu toko saja, misal dipercetakan hanya melipat undangan saja, angkat & menata buku saja, misal di TV hanya membantu menata/mempersiapkan kabel, menulis artikel, melihat proses editingnya saja, misal ada juga yg diwarnet padahal kerjaan tidak maksimal, dan kasus-kasus lainnya yang sudah pernah dicurhatkan/dialami siswa Prakerin )
 c. Kebingungan mencari Kost/Tempat tinggal sementara jika dari luar daerah
v (misal dari luar daerah/tdk memiliki saudara di daerah tempat prakerin yang dituju, terkadang kesusahan mencari kos, ada yang sampai berhari-hari mencari belum dapat, atau dapat kos tetapi terlalu mahal, atau dapat kos tetapi jaraknya jauh dengan tempat Prakerinnya, atau dapat kos tetapi lingkungan tidak aman, atau dapat kos tetapi lingkungan banyak kegiatan negatifnya, dan tidak terawasi, dll)
d. Banyak siswa peserta Prakerin yang disepelekan
v (misal dibiarkan saja tanpa bimbingan yang maksimal, hanya disuruh mengerjakan yang mengandalkan fisik saja, hanya dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan diluar kompetensi Jurusannya, misal membuatkan minuman, memijat, mengambilkan barang-barang yang tidak wajar, disuruh membelikan sesuatu diluar kompetensi jurusannya secara terus menerus, tidak ada pekerjaan yang real/nyata yg didapatkan siswa, dll)
e. Banyak Peserta Prakerin yang belum tahu kisaran biaya hidup selama di tempat PKL, sehingga terkadang dirasa berat oleh orangtua karena tidak ada persiapan lebih awal dan info yang lengkap
v (misal orangtua menjadi berat karena anak memberitahukannya mendadak, belum tahu biaya hidup selama prakerin didaerah tersebut, biaya apa saja yang akan dikeluarkan oleh siswa, misal biaya makan minum, kos, laporan, pulsa, keperluan pribadi, dll harus diberitahu di awal agar orangtua bisa mempersiapkan secara detail apa saja yang dibutuhkan selama prakerin, jika sudah tahu secara detail biaya hidup selama prakerin satu bulan/2 bulan sebelumnya maka orangtua bisa mempersiapkan/menabung untuk keperluan tersebut)
f. Dan sebagainya

>>>CATATAN PENTING : SETIAP ANAK PRAKERIN, Boleh Pilih Pekerjaannya Sesuai dengan Jurusannya…Sesuaikan dengan keinginan dan Maksimalkan Kompetensi dari Jurusan masing-masing..agar SKILL yg dihasilkan maksimal

2. Jenis Pekerjaan Yang Tepat dan bagus Untuk Masing-masing Jurusan
Adek-adek akan mendapatkan pekerjaan berikut ini selama Prakerin berlangsung :
v  Pekerjaan Jurusan Multimedia, Animasi, RPL
a) GAME DEVELOPMENT : Pembuatan Game Edukasi, Pembuatan Game Umum, Pembuatan Game 2D, Pembuatan Game 3D, Game Edukasi, Adventure Game,  dll
b) WEB DEVELOPMENT : HOSTING, DOMAIN, Pembuatan Web Sekolah, Pembuatan Web Berbagai TOKO ONLINE, Pembuatan Web Instansi, Pembuatan Web Company Profile, Pembuatan Web Organisasi, Pembuatan Web Pribadi, dll
c) MEDIA PEMBELAJARAN : Media Pembelajaran Untuk Media Skripsi, Media Pembelajaran Untuk Media Thesis, Media Pembelajaran Berbasis Flash, Media Pembelajaran Kuis Interaktif, Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual, Media Pembelajaran Animasi Kartun, Media Pembelajaran Berbasis WEB online, Media Pembelajaran Game Edukasi, dll
d) INFO TAMBAHAN PEKERJAAN LAINNYA : Editing Audio dan Video, Jasa Shooting ( Video Seminar, Pernikahan, Syukuran, dll), Pembuatan FILM Kartun, Pembuatan Iklan Animasi, Pembuatan Animasi Berbasis Flash, Pembuatan Animasi 2D dan 3D, Aransemen Musik, Stop Motion, Pembuatan TV Online, Pembuatan Radio Online, Pembuatan Aplikasi Perkantoran, Pembuatan Aplikasi Pendidikan, Pembuatan Aplikasi Umum, Marketing Online, Marketing Offline, Pembuatan Web Dinamis, Statis, Pemakaian MySQL, HTML, Xampp,C++,Sistem Pakar,Delphi,PHP, CSS,CMS,XML,Bahasa Pemrograman lainnya, Pergi Ke Tempat Relasi-Relasi, Kebersihan, Pembuatan Game Android, Pembuatan Aplikasi Android, Merakit Personal Computer (PC), Menginstallasi sistem operasi,Aplikasi,Pemanfaatan Algoritma, Pembuatan data base dan script, Pemrograman Visual berbasis Desktop, Pembuatan program antivirus dan pembuatan virus, File transfer protocol, fillezilla, FTP,CP, Membuat aplikasi web berbasis JSP.

v  Pekerjaan Jurusan TKJ
a)      PEKERJAAN JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN : Perakitan PC DAN LAPTOP, SERVICE HARDWARE LAPTOP, SERVICE HARDWARE PC, SERVICE SOFTWARE LAPTOP, SERVICE SOFTWARE PC, SERVICE PHERIPERAL ( PRINTER, MONITOR, SPEAKER, DLL), Installasi OS (Windows 7, 8, XP, Linux, dan aplikasi-aplikasi lainnya),  Pembuatan web server, Pembuatan jaringan warnet, Pembuatan jaringan WIFI, Perawatan dan Optimalisasi Laptop dan PC, Pembuatan Program dan Aplikasi-aplikasi lainnya, Pembuatan Web Berbasis Jaringan, Modifikasi Laptop, Modifikasi Aplikasi-Aplikasi, Service Hardisk, Flashdisk, Pengembalian data Yang Hilang/Ke Format, Service Power Supply, Pembuatan Game 2d/3d, Pembuatan Toko Komputer Online, Pembuatan TV Online, Pembuatan Radio Online, Pembuatan Blog dan Modifikasinya, Pembuatan Aplikasi Perkantoran, Pembuatan Aplikasi Pendidikan, Pembuatan Aplikasi Umum, Pembuatan Aplikasi Android, Pembuatan Game Android, Dll
3. Fasilitas Selama Prakerin
v  Diawal Prakerin diadakan PELATIHAN/TRAINING GRATIS SEREMPAK MASING-MASING JURUSAN agar adek-adek bisa lebih Percaya Diri dan Menguasai Jenis pekerjaan diatas, berikut adalah daftar Pelatihannya :

DAFTAR PELATIHAN GRATIS UNTUK PESERTA PKL/PRAKERIND
( Pilihan Pelatihan Disesuaikan dengan Jurusan Masing-Masing)
a) Pelatihan/Training Diadakan 3-5 hari diawal Prakerin Agar Siswa Memiliki SKILL yang siap dan disesuaikan dengan tempat Prakerinnya.
b) Setiap Siswa Boleh Ikut Memilih Pelatihan yang diinginkan
c) Pelatihan dilakukan dengan santai dan menyenangkan

Bidang Teknik Komputer & Jaringan
1.  Pelatihan Perakitan Komputer dengan Versi Yang Berbeda
2.  Pelatihan Bongkar Pasang Laptop dengan Merk Berbeda
3.  Pelatihan Setup BIOS PC & Laptop Semua Merk
4.  Pelatihan Installasi Windows XP, 7, 8 dan Berbagai Linux ( Gento, U-Buntu, Fedora, dll)
5.  Pelatihan Basmi Virus dengan Anti Virus
6.  Pelatihan Pengenalan Membuat VIRUS Sendiri
7.  Pelatihan Basmi Virus TANPA ANTIVIRUS
8.  Pelatihan Optimalisasi LAPTOP & PC
9.  Pelatihan Perawatan Laptop dan PC
10.Pelatihan  SERVICE LAPTOP DAN PC ( baik software maupun hardware ) Semua Komponen PC & Laptop
11.Pelatihan / Simulasi Pemasangan Jaringan WARNET
12.Pelatihan Tambahan Lainnya : Mengembalikan data yang hilang, OverClock, Pengenalan Aplikasi Untuk Service Hardisk,Pengenalan Aplikasi Untuk Service Flasdisk, Pengenalan Aplikasi Untuk Pembuatan Web Server, Pengenalan Aplikasi Untuk Modifikasi Aplikasi, Pengenalan Aplikasi Untuk Server Jaringan, Tips Beli Laptop yg Bagus dan Original, dll
Bidang Multimedia, RPL, dan ANIMASI
1.      Pelatihan Pembuatan Web Online dengan berbagai program (minimal 16 aplikasi pembuat web)
2.      Pelatihan Pengaturan HOSTING dan DOMAIN
3.      Pelatihan Pembuatan Blog dengan berbagai variasi
4.      Pelatihan Editing Video dan Audio
5.      Pelatihan Pembuatan GAME 2D dan 3D
6.      Pelatihan Pembuatan Animasi Kartun /FILM KARTUN
7.      Pelatihan Aneka Desain ( Jaket, Kaos, Pin, Sticker, Spanduk, Buku, cover, foto,dll)
8.      Pelatihan Aransemen Musik
9.      Pelatihan Pengambilan Gambar/ Shooting Video
10.  Pelatihan Pembuatan Company Profile dengan berbagai Program
11.  Pelatihan Animasi, Kuis Interaktif, Media Pembelajaran, Forum/Jejaring Sosial
12.  Pelatihan Lainnya ( Bisa Menyesuaikan waktu yang ada) : Software Development : (Sistem Informasi Penjualan, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Rumah Sakit, Sistem Informasi Inventory), Mobile App:( Android, IOS, Java), Tambahan Pengenalan : (PHP, JAVA, Flash, VB, Sistem Pakar, SPK, c++ dan c#, dll)